Entri Populer

TROUBLESHOOT INSTALASI WINDOWS


Inilah  beberapa pengalaman yang pernah saya alami dalam menginstal windows,mungkin sedikit sharing dari saya dapat membantu masalah anda.
A.      HARDDISK TIDAK TERDITECT
Biasanya masalah ini berhubungan dengan jumper harddisk / dvdroom,
1.       Pastikan  jumper masing masing berbeda, salah satu harus MASTER ( MA )dan yang lainnya SLAVE ( SL )
2.       Jika tidak terditect juga coba set salah satu jumper ke posisi CABLE SELECT ( CS )
3.       Jika telah mendukung drive SATA, set BIOS mainboard anda,tergantung drive yang anda gunakan ATA / SATA.

B.      BLUE SCREEN PADA LAYAR PADA SAAT PROSES INSTALASI
1.       Ini mungkin yang sering terjadi pada saat instal windows, pastikan hardware yang anda gunakan dalam keadaan normal .baik itu VGA, DDR/RAM,PROCESSOR, PSU,dan tentunya MAINBOARD.
2.       Jika terjadi pada saat proses intalasi windows/copy windows ke harddisk anda, dan di layar menunjukan bahwa file tertentu tidak terbaca/tercopy dengan baik seolah CD WINDOWS anda crash/tidak terbaca,coba ganti DDR/RAM anda,dengan yang lebih compatible.

C.      INSTALASI DRIVER.

1.       Jika sebelumnya windows telah terinstal dan anda mengupgrade windows anda cara yang paling mudah adalah membackup driver anda dengan software gratisan,salah satunya DriverMax. http://www.innovative-sol.com/drivermax/
2.       Biasanya ada hardware yang belum terditeck dan anda susah mengenali hardware tersebut dengan jelas,coba unduh sofware gratisan(gratis mulu,selagi ada yang gratis kenapa harus bayar he he he)yaitu HWINFO,http://www.hwinfo.com/download32.html, pilih yang portable zip.setelah terinstal portable,software ini dapat mengenali seluruh hardware komputer anda.
3.       Pakai cd driver mainboardnya jika hilang atau rusak mau ga mau harus unduh seluruh drivernya.cara yang paling mujarab unduh driver dari consol mainboard itu sendiri.

Sebenarnya masih banyak troubleshoot pada saat instalasi windows,mungkin jika ada pembaca yang mau sharing atau menambahkan kami sangat menghargainya, semoga maju terus generasi kita,amin.ditunggu komentarnya!!thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar